top of page
Search

Mana yang terbaik? AC Inverter atau Non-Inverter

Salah satu pertanyaan terbesar pembeli adalah apakah akan memilih varian AC inverter atau non-inverter. Untuk membuat pilihan, Anda perlu memiliki informasi terbaik.


Apa Perbedaan AC Inverter dan Non-Inverter

Sistem inverter adalah teknologi yang dibuat untuk menghilangkan osilasi suhu. Bertahun-tahun yang lalu, pemborosan listrik merupakan masalah serius. Produsen menyadari ada kebutuhan untuk memperbaikinya dan beralih ke teknologi sistem inverter. Ini adalah versi perbaikan dari kemajuan selama waktu itu.

Inverter menggunakan kecepatan yang dapat disesuaikan, yang membantu mengontrol kompresor peralatan. Dengan cara ini, dapat memberikan kinerja terbaik kepada pengguna.

Sistem inverter bekerja dengan memulai pada kecepatan rendah. Oleh karena itu, daya yang digunakan jauh lebih sedikit saat start-up, sebelum perlahan meningkat hingga mencapai kapasitas maksimum. Rumah tidak perlu menunggu lama untuk mencapai suhu yang diinginkan. Pendinginan juga praktis karena tingkat suhu sekarang dapat dipertahankan. Kerugian dicegah, dan pengguna menikmati suhu yang lebih merata.

AC non-inverter, dalam bentuknya yang paling sederhana, adalah sistem dengan motor kompresor kecepatan tetap. Ini bekerja dengan prinsip "semua atau tidak sama sekali", tidak seperti AC inverter. Ini berarti kompresor akan mati dan hidup sendiri alih-alih menjaga kecepatan yang sama sepanjang waktu.

Jadi, katakanlah Anda menyetel AC ke 26 derajat. Begitu ruangan mencapai suhu ini, kompresor akan otomatis mati sendiri. Ruangan pada akhirnya akan mencapai suhu yang lebih tinggi, yang kemudian mendorong motor untuk mulai bekerja kembali untuk mencapai suhu yang diinginkan. Siklus itu berulang.

Sangat mudah untuk mengetahui bahwa siklus hidup dan mati yang sering memaksa kompresor bekerja pada daya yang lebih tinggi. Itu sebabnya non-inverter cukup berisik setiap kali dijalankan. Tidak diragukan lagi, sistem mengkonsumsi lebih banyak daya, membuat AC kurang hemat energi, terutama jika dibandingkan dengan inverter.


Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter


Salah satu cara terbaik untuk membandingkan kedua jenis unit AC ini adalah dengan memeriksa kelebihan dan kekurangannya. Untuk AC inverter, Anda dapat menikmati manfaat berikut:


AC inverter dijamin hemat energi. Seperti disebutkan di atas, kompresor melambat dan mempercepat untuk mempertahankan suhu yang diinginkan. Dalam beberapa kasus, kompresor unit tidak berfungsi dengan kekuatan penuh. Kontrol ini memberinya kemampuan untuk bekerja pada kecepatan variabel, yang pada gilirannya memungkinkan sistem menjadi lebih hemat energi.


Karena tidak haus daya, AC inverter lebih senyap saat start-up – terutama jika Anda membandingkannya dengan AC non-inverter. Termostat mengontrol bagaimana hasilnya dengan menggunakan suhu ruangan sebagai panduannya. Alih-alih menyalakan atau mematikannya sendiri secara tiba-tiba, Anda tidak akan mendengar suara dengungan yang keras saat mulai dan berhenti. Kebisingan ini sering menjadi keluhan utama bagi mereka yang menggunakan AC non-inverter. Selain itu, proses terkontrol ini memungkinkan unit inverter menggunakan lebih sedikit energi dibandingkan dengan non-inverter.


AC inverter adalah investasi yang bagus. Ya, memang lebih mahal, tetapi lebih tahan lama, fleksibel, dan fungsional. Anda menginginkan AC yang akan bertahan selama beberapa tahun. Jenis AC ini dapat memberikan keuntungan bagi Anda dalam hal konsumsi energi.

Pendinginan yang lebih cepat adalah manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari AC tipe inverter. Karena dapat beroperasi pada kapasitas terukurnya, ruangan menjadi lebih cepat dingin.


Meski kelebihannya besar, AC inverter tidak sempurna. Itu datang dengan beberapa kekurangan juga, termasuk:


Ini adalah jenis AC yang mahal. Salah satu alasan di balik harganya yang mahal adalah penggunaan teknologi yang lebih maju. Selain itu, harganya lebih mahal jika seorang profesional menyediakan layanan pemasangan. Suku cadangnya juga mahal saat perlu diganti.



Kelebihan dan Kekurangan AC Non-Inverter


Mari kita beralih ke AC non-inverter. Jika Anda memiliki AC yang mati saat ruangan mencapai suhu, itu adalah unit non-inverter. Sementara itu, jika Anda masih mencari AC, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa harus memilih tipe ini. Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih AC non inverter:


Jenis AC ini murah! Ini lebih terjangkau daripada inverter, oleh karena itu menjadi pertimbangan bagi pemilik rumah.


Sama seperti AC inverter, tipe non-inverter juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kelemahan tersebut antara lain:


Harapkan AC ini lebih berisik. Sementara banyak pengguna memuji AC inverter karena lebih tenang, non-inverter justru sebaliknya. Kebisingan berasal dari fakta bahwa non-inverter dibuat untuk hidup dan mati setiap kali mencapai tingkat suhu yang disetel. Beberapa pemilik rumah merasa terganggu dengan suara tersebut, terutama mereka yang mencoba untuk tidur di malam hari atau sedang bekerja.


Mungkin salah satu hal terbesar yang dapat Anda keluhkan tentang AC jenis ini adalah cepat mati. Umurnya yang lebih pendek merupakan daya tarik utama bagi calon pembelinya. Orang-orang saat ini menjadi lebih tertarik untuk memastikan bahwa produk tersebut akan bertahan selama beberapa tahun. Jika terus menurun kinerjanya, itu bukan investasi yang baik untuk dilakukan.


Sayangnya, non-inverter memiliki umur yang lebih pendek. Karena pergantian konstan dari on ke off dan sebaliknya, umurnya menderita. Ini menyebabkan banyak keausan, sehingga sistem dapat menyerah lebih cepat dari yang diharapkan.


Tagihan listrik bisa naik. Ini adalah unit dengan konsumsi daya yang lebih tinggi yang hanya akan mengejutkan Anda saat tagihan Anda tiba. Penggunaan AC non-inverter secara terus-menerus atau setiap hari hanya akan menyebabkan biaya listrik Anda meroket dalam beberapa bulan ke depan.



Conclusion


Unit AC inverter memiliki banyak keunggulan dibandingkan AC non-inverter. Namun, tidak semua orang senang membayar biaya awal AC inverter. Penghematan energi, bagaimanapun, dapat dengan mudah melebihi label harga yang lumayan.


Jika Anda berencana menggunakan AC untuk waktu yang singkat, seperti beberapa jam di musim panas, non-inverter mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, jika Anda tahu Anda akan menggunakan AC untuk waktu yang lama, atau Anda hanya seseorang yang sering menggunakan AC, AC inverter adalah pilihan yang lebih baik. Kami merekomendasikannya untuk kamar besar juga.


Apa pun pilihan Anda, Anda dapat mengandalkan PRIMA JAYATAMA AC untuk membantu Anda dengan saran AC yang relevan. Kami juga menginstal dan menyediakan layanan pemeliharaan. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami, dan kami dapat menjadwalkan kunjungan dari teknisi ahli kami.



Comentarios


bottom of page